Senin, 10 Mei 2010

Model Simulasi Rainfall-Runoff SWMM



SWMM (Storm Water Management Model) adalah model simulasi dinamis hubungan antara curah hujan dan limpasan (rainfall-runoff). Model ini digunakan untuk mensimulasikan kejadian tunggal atau yang berkelanjutan dalam waktu lama, baik berupa volume limpasan maupun kualitas air, terutama pada suatu daerah perkotaan. Analisa limpasan dalam SWMM adalah dari kumpulan sub daerah tangkapan air yang menerima curah hujan kemudian memprosesnya menjadi limpasan dan angkutan polutan. Analisa Routing limpasan dapat dilakukan pada berbagai macam media penyaluran, seperti : system perpipaan, jaringan saluran terbuka, tampungan atau instalasi pengolahan, pompa dan pengatur. SWMM menghasilkan volume dan kualitas limpasan yang di-generate dari masing-masing subcatchment, dengan kecepatan alirannya, kedalaman aliran, dan kualitas air pada masing-masing pipa dan saluran selama periode simulasi yang terdiri dari berbagai tahapan waktu.


SWMM pertama dibangun pada tahun 1971 dan telah banyak dilakukan perbaikan sejak saat itu. Model ini telah banyak digunakan pada pekerjaan-pekerjaan perencanaan di dunia, pekerjaan analisa dan perencanaan yang berhubungan dengan limpasan air banjir, system air buangan, teknologi penyehatan, dan system drainase yang lain pada daerah perkotaan, dengan banyak juga diterapkan pada daerah bukan perkotaan secara baik. Saat ini telah tersedia Versi-5 dari SWMM yang telah ditulis ulang secara lengkap dari versi sebelumnya. SWMM 5 berjalan dengan program Windows, yang menyediakan kelengkapan untuk editing input data dari study area secara terintegrasi, running hidrologi, simulasi hidrolis dan kualitas air, dan dapat menampilkan hasil dalam berbagai format, seperti peta berwarna dari daerah drainase dan system jaringan pembawa, grafik dan tabel secara seri waktu, gambar potongan, dan analisis frekuensi statistik.

Kemampuan Model SWMM

SWMM menghitung berbagai proses hidrologis yang menciptakan limpasan dari daerah perkotaan, yaitu : curah hujan dengan variasi waktu, evaporasi dari permukaan air, akumulasi salju dan mencairnya, curah hujan yang tertampung di daerah tampungan, infiltrasi dari curah hujan yang masuk ke lapisan tanah tidak jenuh air, perkolasi dan infiltrasi ke dalam lapisan air tanah, aliran bawah antara air tanah dan system drainasi, routing waduk non linier dari aliran di daratan.

Aplikasi Model SWMM

Aplikasi model SWMM adalah : perencanaan dan dimensi jaringan pembuang untuk pengendalian banjir, perencanaan daerah penahan (penampung) sementara untuk pengendalian banjir seperti retarding basin, pemetaan daerah genangan banjir dari jaringan pembuang alamiah, perencanaan strategi pengaturan untuk meminimalkan pengaliran dari gabungan system pembuangan, evaluasi pengaruh dari inflow dan infiltrasi pada debit aliran dari system pembuangan, menggenerasi sumber sebaran angkutan polutan untuk studi alokasi pembuangan, evaluasi terhadap efektivitas dari BMP untuk mengurangi angkutan polutan.

Free Download Model SWMM

Anda dapat melakukan download model SWMM secara bebas di link di bawah ini :


AutoCAD2EPSWMM

AutoCAD2EPASWMM adalah script untuk membuat gambar dan definisi untuk input data SWMM dari program AutoCAD yang bisa dibuka di model SWMM, yang dapat anda download disini.

SWMM Macro

Sebuah macro yang ditulis Leon Hellberg untuk dapat menghubungkan antara model SWMM dengan Autocad Civil 3D, dan Excel. Makro ini berfungsi untuk :
- Membuat AutoCAD entities dari file SWMM.inp (nodes, conduits and subcatchments)
- Menerima data elevasi dari Civil 3D DTM dan menghitung kemiringan dasar subcatchment

ftp://blwi.com/pub/misc/reswmmandautocad.zip

1 komentar: