Halaman

Senin, 31 Mei 2010

DailyET (Evapotranspirasi Calculator)



Dalam perencanaan irigasi, khususnya dalam merencanakan kebutuhan air irigasi, salah satu yang harus dilakukan adalah perhitungan evapotranspirasi (ETo). Hal ini sering kita lakukan dengan menggunakan program Excel, dengan menggunakan beberapa tabel standar yang cukup rumit, misalnya metode Penman Modifikasi. Saat ini telah tersedia suatu program bantu kecil yang dinamakan DailyET yang dibuat olah Cranfield University.

DailyET adalah satu software sederhana untuk menghitung evapotranspirasi (ETo) dalam harian dan bulanan berdasarkan empat metode dengan menggunakan data klimatologi yang tercatat dari suatu stasiun klimatologi. Data masukan yang dibutuhkan adalah : suhu udara maksimum dan minimum (oC), kelembaban relatif (%), lama penyinaran matahari (jam), kecepatan angin (km/jam) dan lokasi stasiun klimatologi (posisi lintang bujur, dan ketinggian dari muka air laut).

Metode perhitungan evapotranspirasi yang digunakan adalah : Penman-Monteith, Penman Modifikasi FAO, Penman dan Penman air terbuka.

Keluaran dari software ini adalah harga evapotranspirasi dalam harian atau bulanan dalam satuan mm.

Master program dan manual penggunaan software ini dapat di download pada link di bawah ini :
-          DailyET.zip
-          Eto_Manual.pdf

Atau pada situs Universitas Cranfield berikut :

2 komentar:

  1. selamat malam, apakah saya bisa mendapatkan software diatas? karena link download sudah tidak bisa dibuka? jika bisa hubungi saya via email : fianamrulloh0609@gmail.com

    BalasHapus
  2. Linknya not found , butuh untuk penelitian

    BalasHapus