Jumat, 31 Desember 2010

Menggambar Profil Melintang Sungai/Saluran dengan AutoLisp

Pada postingan terdahulu pernah kami sajikan sebuah tutorial untuk Menggambar Profil Tanah Asli dengan AutoLisp. Pada metode yang disajikan, input data profil melintang dilakukan secara langsung dengan mengetik data elevasi dan jarak pada Command Window. Cara tersebut cukup praktis digunakan apabila data cross section yang akan diplot tidak terlalu banyak. Seperti pada waktu kita akan menggambar profil tanah asli sebelum kita menggambar bangunan air misalnya. Sedangkan apabila cross section yang akan digambar cukup banyak, misalnya data pengukuran profil melintang sungai/saluran yang terdiri dari banyak profil, maka cara tersebut menjadi kurang praktis.
Kali ini kami sajikan sebuah program Lisp untuk menggambar profil melintang sungai/saluran/ atau tanah asli hasil pengukuran dengan menggunakan input data berupa file teks. Atau data dalam lembar kerja excel disimpan dalam file teks (*.prn). Dengan data pengukuran yang biasanya telah diolah dalam program excel selanjutnya akan lebih mudah dijadikan file teks tanpa mengetik kembali data yang diperlukan.
Berikut langkah-langkah menggunakan program ini :
1. Download cross-sungai.lsp tempatkan di folder yang anda pilih (mis: C:/Procad/Autolisp)
2. Buat file input data dengan excel sebagai berikut :
• Buka lembar kerja baru dalam excel
• Rubah lebar kolom A dan B menjadi 10 dengan cara (select kolom A dan B > Format> column width> 10> OK)
• Pada cell A1 : isi dengan nomor patok
• Pada cell A2 : isi dengan elevasi datum (bidang referensi) dari gambar cross section. (ambil elevasi terendah dari data yang akan digambar (mis:103.45), kurangi dengan 3 sampai 5 dan ambil harga bulat, (misalnya diambil nilai datum 100.00))
• Pada baris ke-3,4,5 dan seterusnya isilah dengan data cross section, yang berupa di kolom A, dan di kolom B
• Selanjutnya simpan data dalam file teks dengan cara : menu File> Save as> (pada save as type cari pilihan “formatted text (*.prn)”> ketik nama file> simpan file di lokasi folder (C:/Procad/data/), kalau belum ada folder tersebut buatlah terlebih dahulu. Lokasi folder ini dapat kita rubah dengan mengubah lokasi folder file yang ada pada listing program cross-sungai.lsp, yaitu : (setq fnam1 "/Procad/Data/")
• (contoh input file dapat anda download disini dan disini)
3. Dari program AutoCad, selanjutnya Load program dengan cara : Klik menu Tools> Load Application> cross-sungai.lsp (cari di folder tempat anda menempatkan file)> Load> Close
4. Pada Command Window di Auto CAD ketik “crss” lalu tekan
5. Selanjutnya masukkan nama file input data yang diminta di command window (mis: cross-1.prn). Maka cross section akan tergambar.

9 komentar:

  1. mohon toritorialnya gan
    ane masih bingung ne,,

    BalasHapus
  2. ndak terbaca perintah "crss" di autoCAD bro!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Barangkali belum diloading aplikasinya..

      Hapus
  3. mohon pencerahan petunjuk pengisian data untuk dimesi cross untuk design..sy sudah download tapi untuk berm dan tanggung sy binggung mau ngisi dimana


    regards,

    febrinoviansyah@yahoo.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk menggambar profil melintang yang sudah ada desainnya lebih baik gunakan Procad saja

      Hapus
  4. ada nggak procad untuk desain gambar long & cross jalan raya yang sudah di modifikasi!!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setahu saya belum ada.. barangkali rekan-rekan yang punya bisa dishare disini

      Hapus
  5. hasil gambarnya nanti skalanya berapa? apa kita bisa mengatur skalanya sendiri?
    karena saya biasa menggunakan skala yang berbeda untuk vertikal dan horizontalnya. mohon pencerahan terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hasilnya dengan Skala gambar 1:100 untuk ukuran kertas gambar A1. Kalau mau dibuat skala berbeda antara vertikal dan horisontal perlu dirubah dulu di dalam programnya. Untuk praktisnya pakai saja program procad yang bisa didownload di blog ini. Disana untuk gambar cross section bisa diatur skala gambarnya.

      Hapus